Berlibur ke kebun teh jamus

Kebun Teh Jamus. kala itu kami setelah lulus kami pencar menyibukan pribadinya masing. rasa kangen berkumpul sama teman sangatlah tinggi. mumpung ada waktu libu sementer yang lagi kuliah saya mengajak salah satu teman untuk meluangkan waktunya berkumpul.

sebelum acara dilaksanakan kami mendata siapa saja yang ikut, dari banyaknya murid hanya sebagian saja yang bisa. Ternya ketika itu banyak yang menyambi kuliahnya dengan bekerja sehingga tidak bisa ikut.

Maka kami membuat grup khusus untuk membahas kegiatan itu. Dimulailah rundingan itu, banyak yang usul ingin bermain ketempat wisata. Ada juga kumpul cukup membuat keseruan yang tidak mengeluarkan banyak biaya. untuk membahas itu saja kami membutuhkan waktu beberapa hari.

Sebenarnya awalnya banyak setuju agendanya pergi ke pantai trenggalek. Tapi pada akhirnya karena banyak yang tidak sanggup karena terlalu jauh. dan waktu itu cuaca juga kurang stabil sehingga kami juga ragu.

Dengan alasan teman-teman dan akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke wisata kebun teh yang tempatnya juga lumayan bagus.

Dengan begitu kami juga belum pernah pergi ketempat itu, sekilas yang kami tau kebun teh merupakan hal yang sangat menyejukkan hati. Bayangkan saja ketika melihat dataran semuanya hijau dan bersih sekali. Udara yang segar dapat membuat hati kita bisa menyatu dengan alam.

Kebun Teh Jamus merupakan perkebunan teh peninggalan penjajah Belanda, terletak di Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, termasuk lereng Gunung Lawu. Konon memiliki pemandangan yang indah, cocok untuk refreshing melepas penat di akhir pekan.

Simak pengalaman saya bersama teman-teman ketika berkunjung ke kebun jamus !

Mempersiapan segala perlengkapan

encrypted-tbn0.gstatic.com

Setelah beberapa hari kami melakukan pembhasan akhirnya tiba waktu yang ditunggu. Sebelum berangkat kami berkumpul sekaligus melakukan berdo’a bersama. Untuk menjaga keselamatan semua sepedah motor dicek terlebih dulu.

Kami start dari jam 8.00 pagi, jalur yang kami pakai lewat madiun. Berhubung ada teman kami yang rumahnya Ngawi sehingga kami tidak membutuhkan pemandu. kami lewat jalur yang biasanya orang dilewati.

diperjalana kami sambil berwas-was dengan polisi. karena dari kami ada yang belum mempunyai SIM sehingga untuk mengantisipasi kami saling mengontrol depan belakang.

sangat tidak kami sangka tenyata ditengah perjalanan motor teman kami ada yang bocor. Dan kami pun menunggu sampai selesai, waktu pun terpotong dengan cobaan tersebut.

setelah semuanya beres kami melanjutkan perjalanan, Dengan jalan yang banyak yang berlubang kami harus lebih berhati-hati.

Pesona lereng kaki gunung

jpeg;base64

Sebelum menuju ke tujuan awal kami mampir di wisata selo ondo. Untuk menuju wisata itu kami harus salah jalan. Ternyata teman yang kebagihan pemandu lupa jalan yang sebenarnya. Yang seharusnya jalannya nanjak ke atas malah belok.

Ketika sudah diatas kami kebinguna ternyata tempatnya bukan itu. Kejadian yang tak terduga ada teman kami yang jatuh dari motr. Karena motornya tidak kuat untuk naik ketanjakan.

Kami pun berhenti sejenak untuk mengistirahtkan motor-motor kami. Dan sekaligus bertanya kepada warga yang disamping jalan. Beliau member tahu bahwa ternyata jalannya lurus sebelum jalan kami lewati

Dari banyak orang kami juga tidak memperhatikan petunjuk jalan. Padahal dari awal masuk ada papan yang munjukkan arah ke wisata selo ondo.

Akhirnya kami tiba di tempat wisata, biaya masuk nya pun hanya 5000 sekaligus parkir. Ternyata pemandangangan tak kalah menarik dengan wisata lainnya, meskipun bisa dikatakan wisata yang baru.

Tempatnya terletak di Desa Ngrayudan, kecamatan jogorogo, kabupaten Ngawi. Letaknya yang berada berada dibawah kaki gunung Lawu sehingga dapat memberikan hal yang sangat sejuk dan nyaman.

Tempat itu tidak hanya dibuat tempat pariwisata saja. Bahkan ada tempat khusus untuk tempat perkemahan juga.

Kami sempatkan menyempatkan untuk menyelusuri medan naik turun. Sampai diatas kami bisa melihat pemandangan yang indah dan tidak lupa kami berfoto-foto.

Disambut dengan hijaunya alam

encrypted-tbn0.gstatic.com

untuk mengejar waktu tak lama-lama di wisata itu. Kami langsung meluncur ke tujuan awal kami kuang lebih satu jam untuk sampai di Wisata Teh Jamus.

Setelah keluar dari wilayah wisata kami menyempatkan untuk bertanya lagi kepada warga. Mereka mengarahkan lewat kota Ngawi karena menurut kami jalan itu terlalu jauh maka kami memilih jalur yang kami pakai sebelumnya. Kami langsung mengambil jurusan Paron-Jogorogo.

Akses jalan masuk ke lokasi hanyalah sebuah jalan aspal kecil. Apabila berpaprasan dengan mobil harus ada yang mengalah salah satu. Dengan suasana pemandangan yang elok kami telah sampai digerbang pintu pembayaran.

Dipintu penjaggan kami harus membayar tiket masuk sebesar 8000 per orang. Yang seharusnya mendapatkan 1 set teh, tetapi kami tidak mendapatkannya. Entah kenapa kami tidak tahu, kami pun langsung meninggalkan tempat.

Di gerbang masuk juga ada peraturan bahwa pelajar tidak boleh memasuki lokasi Agrowisata Kebun Teh Jamus dijam-jam sekola. Mungkin ini untuk meminimalisir kenakalan anak remaja zaman sekarang yah, biar mereka gak bolos sekolah. Mendidik sekali nih Kebun Teh Jamus, ikut membantu pemerintah mengurangi angka bolos sekolah.

Disekeliling jalan dipenuhi pohon-pohon teh yang sanagat indah. Diperhentian pertama kami mengunjungi pabrik teh. Disitu kami hanya bisa bertanya-tanya kepada pemiliknya. Sayangnya tidak bisa melihat langsung  pengolahan teh.

Dilokasi itu sudah disediakan parkir yang cukup luas dan disamping jalan ada banyak kios-kios yang berjualan berbagai macam teh.

Diwisata itu juga dilengkapi kolam renang dan terdapat sumber mata air yang bernama Sumber Lanang. Saat itu Kami tidak mencobanya dan langsung naik keatas bukit, dengan jalan seperti anak tangga menggunakan batu. Di samping anak tangga diselimuti lebatnya dedaunan daun teh.

Ketika diatas kami bisa melihat hamparan perkebunan teh, kolam renang dan air terjun. Pemandangan yang sangat indah hingga kami mengulur-ulur waktu untuk turun.

Tak lupa kami sempatan untuk berfoto dengan teman-teman. Momen yang yang indah dan pemandangan yang mnakjubkan rugi kalau tidak mengabdikan foto sama sekali.

Setelah merasa puas kami turun beristirahat dibawah sekaligus meminum segelas teh. Waktu itu pengunjung pas lagi sepi sehingga kami bisa enjoy.

Mampir kios penjualan teh

3.bp.blogspot.com

Banyak sekali pedagang yang ada disekililing kebun,berbagai macam teh tersedia di situ. kami membeli salah satu teh yang namanya teh rasa kopi. Dengan namanya pun aneh seperti apa teh itu. Maka kami pun membeli sekaligus buat oleh-oleh pulang.

Sebelum membeli juga diperbolehkan mencoba terlebih dahulu. Untuk memastikan kenikmatan teh asli yang diolah ditempat. The rasa kopi mempunyai warna seduhan kecoklatan persis seperti warna seduhan kopi.

Ditempat kios penjualan kopi juga dijelaskan manfaatnya. Dan ternyata teh yang kami beli itu mempunyai kekuatan agar mata tetep melek.

Teh jamus selain menjadi andalan perkebunan, teh jamus juga menjadi komoditi andalan Kabupaten Ngawi. Bahkan sudah terkenal diberbagaidaerah yabg ada di Indonesia.

Mencari tempat istirahat terdekat

istirahat sekaligus makan siang

setelah seharian penuh kami menghabiskan waktu. Kami mencari tempat istihat karna badan juga terlalu capek. Kebetulan rumah teman kami tidak jauh dari kebun tersebut. sehingga kami istirahat sebentar sekaligus untuk sholat dhuhur.

kami disambut oleh keluarga dia. dan ternyata tanpa kami ketahui keluarga dia sudah menyiapkan hidangan. dengan posisi perut yang lapar kami langsung menyantap makanan tersebut.

Makanan yang dihidang berupa mie ayam yang itu sangat saya suka. Jadi jangan heran kalau ketika makan mie kadang nambah porsinya.

yah kurang lebih itu pengalaman saya ketika mengibur diri bersama teman-teman. Bermain tidak harus jauh-jauh yang terpenting bisa berkumpul dengan teman. Dan yang terpenting bisa menikmati keseruan tanpa ada kata gengsi.

1 thought on “Berlibur ke kebun teh jamus”